Bubut Langsung Ngacir

000.jpg

Doyan ngebut pakai skubek? Bisa langsung ganti pully alias rumah roller pakai tipe racing. Tapi, jangan asal ganti dan pasang aja! Soalnya sebelum pasang puli racing atau biasa disebut big pully, masih ada lagi yang kudu disesuaikan.

“Putaran bawah motor cepat terisi. Ya, karena V-belt cepat mengapit,” bilang Mariasan Kocek, pemakai Yamaha Mio 2006 ini. Nah, yang mesti disesuaikan itu, as puli yang menghubungkan rumah rollerdengan penutupnya.

Biar jarak main V-belt lebih dekat, maka as puli harus dipapas sekitar 1 mm (gbr. 1). “Biar lebih presisi memotongnya usahakan mengandalkan tukang bubut yang bagus, jangan pakai gerinda sendiri,” saran pembalap yang juga buka toko M. Kocek Racing di Jl. Taman Makam Pahlawan, No. 42, Parigi Lama, Tangerang.

00.jpg Menurut Kocek lagi, jika hasil papasan nggak rata berpengaruh pada performa. Sebab ada bagian yang tidak seimbang menekan mangkuk puli. Begitunya, V-belt tidak mengapit sempurna.

Setelah dipapas alias dibubut 1 mm, kini giliran memainkan berat roller (gbr. 2). “Roller, itu tergantung kebutuhan. Buat trek panjang, pakai yang berat. Sebaliknya kalau untuk trek pendek, ya pakai yang ringan,” pesan Marco alias Mariasan Kocek.

Mantap!

Leave a comment